Perkembangan Usaha Batching Plant

Saat ini pembangunan begitu pesat, baik pembangunan gedung, jalan, jembatan dan lain sebagainya. Di Indonesia perkembangan usaha Batching Plant mulai meningkat dimana banyak jalan-jalan raya dibangun dengan struktur beton (Rigid Pavement). Di Riau (Sumatera) jalan-jalan lintas antar provinsi saat ini banyak pekerjaan perkerasan jalan dengan stuktur beton (pekerjaan rigid). Riau memang memiliki banyak lahan gambut dan diantaranya adalah jalan yang merupakan penghubung antar provinsi.

Jadi, tidak salah kalau usaha mendirikan Batching Plant di Riau semakin banyak. Usaha ini juga menjadi pendukung sebuah perusahaan untuk memenangkan tender dari proyek yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat. Bagaimana usaha Batching Plant jika tidak mendapatkan tender proyek? Karena persyaratan untuk memenangkan proyek adalah KSO dengan perusahaan pemiliki Batching Plant, jadi Anda tetap bisa mendapatkan miliyaran dari usaha Anda sebagai KSO oleh kontraktor yang bekerja sama.

Perkembangan Usaha Batching Plant
Image: bekas.com

Saya sendiri adalah seorang karyawan di perusahaan kontraktor, hanya saja penempatan saya di divisi Asphalt Mixing Plant (AMP) saya adalah salah satu staf di perusahaan yang turut serta dalam pembuatan penawaran proyek. Beberapa hari yang lalu saya baru saja menyelesaikan penawaran untuk proyek tingkat I provinsi Riau, sekarang tinggal menunggu hasil pengumuman pemenang dalam beberapa hari lagi.


Dari apa yang saya ketahui, saya berpikir bahwa usaha batching plant tidak harus mengikuti lelang proyek, karena pemilik usaha masih bisa memberikan rekomendasi atau KSO kepada perusahaan lain untuk ikut penawaran lelang proyek melalui kerjasama dan kesepakatan antara kedua perusahaan.

Pekerjaan Rigid Pavement di Riau sudah menjadi ciri khas, dulu perkerasan aspal mejadi pilihan untuk jalan raya. Sekarang perkerasan beton sudah populer di jalan provinsi, kabupaten/kota bahkan jalan kecamatan sudah menggunakan struktur jalan beton.

Batching Plant adalah syarat mutlak untuk memenangkan tender proyek, jadi jika Anda berniat membangun usaha ini tidak perlu ikut tender atau takut tidak mendapatkan proyek, ada banyak perusahaan yang siap menjalin kerjasama dengan Anda melalui Kerjasama Operasi (KSO). Usaha Anda akan tetap berjalan asal memiliki tempat yang strategis yang berjarak tidak jauh dari lokasi yang memiliki banyak proyek pekerjaan konstruksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel